Pages

Senin, 06 September 2010

JENIS DAN ARTI UANG KEPENG KUNO

Disini saya akan memberikan penjelasan tentang Historis uang kepeng kuno atau Pis bolong ini yang terdiri dari berbagai jenis, jadi saya tidak mengulas tentang sejarahnya tapi sedikitnya sudah saya jelaskan dalam Kekuatan Magis ''Pis Bolong'', Benarkah Ada?
Ini lah jenis jenis Uang Kepeng Kuno / Pis Bolong  Bali
1. PIS GOBOGAN
Uang Kepeng/Pis Bolong Gobogan Jawa

Uang Kepeng / Pis Bolong Gobogan Bali

Pis gobogan ini di taksir ada pada tahun 1769M - 1860M, uang kepeng atau pis bolong di atas sangat langka, dimana permukaan mempunyai indentitas huruf jawa kuno dan Arab dan permukaan yang sebelahnya ada yang kosong atau ada berisikan huruf, yang di bali disebut Pis Jaring.Uang Kepeng/Pis Gobogan di bawah ini adalah gambar aslinya yang saya dapatkan di Bali daerah desa Tegallinggah-Karangasem dimana proses dalam menemukannya sangatlah rumit yg mungkin tidak bisa saya jelaskan disini, dimana pis gobogan ini merupakan masih peninggalan dari leluhur saya yg sudah tertanam dalam peti sangat lama bersama-sama dengan benda pusaka lainnya yang tidak saya tampilkan disini. Nanti akan saya jelaskan fungsi dsb dalam ulasan yang berikutnya yang masih tahap penulisan.


Uang Kepeng/ Pis Bolong jenis Gobogan ( ASLI )

2. PIS LUMRAH
Kata LUMRAH berasal dari bahasa BAli yang artinya sudah biasa digunakan atau di berlakukan dari masa ke masa. jadi pis ini di beri nama pis biasa atau pis bali, ketika beredar bersama-sama dengan uang logam HIndia Belanda. ciri-cirinya berwarna kehitaman , ada yang kebiruan dan ada pula yang kekuningan.( Gambar tidak ada )


3. PIS KERINYAH
Pis ini di cetak pada satu periode atau dalam masa pemerintahan satu dinasti kaisar cina, nilai satuannya sama dengan pis lumrah yaitu 1 keteng. disebut pis kerenyah karena permukaannya mengkilap dan memancarkan sinar, pada umumnya dalam masyarakat Bali pis kerinyah ini digunakan sebagai alat upakara yg disebut ukur. Ukur berperan sebagai simbol badan atau jasad yang digunakan dalam upacara ngaben(pembakaran mayat).Ma'af sebelumnya Pis ini saya belum bisa saya memberikan gambarnya.


4. PIS KOCI
Kata Kuci atau koci yang dikenal dalam bahasa Bali menurut van der tuuk berasal dari bahasa Cochin China (vietnam), tapi di beberapa daerah di Bali pis koci juga di sebut dengan nama pis Jepun. Ciri-cirinya jenis pis koci tidak terdapat huruf pada permukaan belakangnya tapi kadang-kadang ada hurufnya( dari pengalaman ), agak kecil dari biasanya dan kadang menggunakan pinggiran kadang tidak. Lubang tengahnya berbentuk bujur sangkar. Pis koci ini di produksi pada waktu zaman Majapahit.Pis Koci lebih banyak digunakan untuk sarana upakara , terutama sebagai bahan untuk membuat arca pemujaan yang di sebut RAMBUT SEDANA. Dan di temukan juga jenis pis KOCI yang pada permukaan belakangnya tercetak gambar tokoh-tokoh yang berwatak kebenaran dari tokoh-tokoh dunia pewayangan baik Ramayana, Mahabrata dan Bratayudha. Uang kepeng jenis ini oleh pemiliknya dianggap memiliki kekuatan gaib dan disebut PIS JIMAT.


Uang Kepeng/Pis Bolong Dewi Kunti ini adalah jenis KOCI yg tidak berpinggiran.


Uang Kepeng / Pis Bolong Nakula-Sadewa ini jenis Koci yang berpinggiran dalam lingkaran sebelah pinggir bisa di bandingkan dengan yang di atas.

5. PIS LEMBANG
Kata lumbang dalam bahasa BAli artinya lebar atau luas. Kata Lembang berasal dari kata Lumbang dan digunakan untuk memberi nama kepada jenis uang kepeng/pis bolong yang ukurannya paling besar di antara jenis uang kepeng/pis bolong. MEnurut Arjan van aeslt uang kepeng ini berasal dari dinasti Qing ( 1736M-1795M ), Jepang, Vietnam, dan Palembang.Ciri-cirinya : Agak besar dari ukuran biasa uang kepeng/ pis bolong biasa, warnanya kekuning-kuningan.


Uang Kepeng/Pis Bolong jenis Lembang.


Uang Kepeng / Pis Bolong Nawe Sange ini adalah Jenis LEMBANG.

6. PIS WADHON
Wadhon berarti Perempuan atau wanita, Orang Bali menyebut uang kepeng jenis ini dengan nama pis WADHON SARI atau WADHON SANGKA (WADHON KANGKA), diperkirakan tahun 841M - 846M . Karena jumlah produksi jenis uang kepeng ini sangat sedikit maka termasuk kategori yang sangat langka. Jenis uang kepeng ini jarang sekali di belanjakan sebagai uang kartal, karena lebih di utamakan untuk kepentingan bahan upakara atau bahan untuk membuat sarana hiasan di pura atau pamerajan. Karena ini merupakan jenis uang kepeng /pis bolong tertua terbuat dari bahan tembaga bercampur timah yang warnanya kehitaman. Untuk itu saya sendiri belum mendapatkan jenis uang kepeng ini hingga sekarang dan juga tidak mempunyai gambarnya.


7. PIS RERAJAHAN,PIS PAICA, PIS PRETIMA
Jenis pis ini awalnya tidak di belanjakan sebagai uang kartal, karena di anggap memiliki kekuatan magis religius.

- Pis Rerajahan adalah Uang logam dengan sengaja di rajah( digambar) dengan gambar-gambar tertentu yang dianggap menimbulkan atau memberikan kekuatan magis kepada orang yang memilikinya. Pis rerajahan ini di buat dari bahan perunggu, tembaga atau kuningan ada yang berbentuk lempengan bulat dan bujursangkar . Dari caranya merajah (digambar) yaitu di pahat atau dengan sistem cor setelah itu dilakukan upakara dan di mohonkan untuk memiliki kekuatan supranatural atau taksu ( di Pasopati). Menurut pengalaman saya Pis Rerajahan ini dari kekuatan magisnya tidak bisa bertahan lama dan biasanya memiliki kekuatan sementara saja dimana juga terdapat pantangan-pantangan yg tidak boleh dilanggar yang bisa menyebabkan kepunahan daya magis dari uang kepeng / pis rerajahan tsb dan juga mempunyai efek samping bagi jiwa bathin kita ( bukan Jasmani ).

- Pis Paica adalah jenis uang kepeng yang diperoleh karena melakukan semedi di tempat-tempat yang dianggap suci dan keramat. Uang kepeng ini /pis bolong jenis ini sangat di kuduskan dan selalu dikaitkan dengan kepercayaan kepada mahluk gaib.Dalam pengalaman saya pis paica banyak berbentuk uang kepeng/ pis bolong yang memiliki gambar berbagai tokoh-tokoh, Ramayana, Mahabrata,dan Bratayudha dsbnya.

- Pis Pretima adalah jenis uang kepeng yang yang dikuduskan sebagai simbol untuk memuja Tuhan dalam bentuk menifestasinya. Jenis pis Pretima ini biasanya banyak kita jumpai di BALI pada Pura-pura Suci yang biasanya sangat di sakralkan.
ma'af Disini saya tidak bisa memberikan Gambarnya, terimakasih.

Itulah jenis- jenis Uang Kepeng Kuno/Pis Bolong yang bisa saya paparkan berdasarkan buku dan pengalaman saya pribadi. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua. Nama-nama yang di berikan terhadap Jenis-jenis uang kepeng diatas sepenuhnya berdasarkan atas nama yang telah mentradisi dalam masyarakat BALI, Jika pun ada informasi jenis uang kepeng yang laen silakan Email saya. Dan masih banyak lagi yang saya akan ulas dalam blog saya ini dimana saya akan memaparkan Fungsinya, Ulasan dan Perawatan dari berbagai uang kepeng kuno /pis bolong yang tidak terdapat dalam Koleksi Uang Kepeng Kuno saya, terimaklasih.

Referensi Buku : Larasan-Sejarah, Nilai Historis Uang Kepeng Kuno, Ida Bagus Sedemen.

20 komentar:

  1. Bli, Bisa request tulisan tentang uang kepeng baru yang produksi desa Kamasan ? ( Kalau bisa juga sama fotonya)
    Suksma dan minta maaf kalau merepotkan

    BalasHapus
  2. Nanti tiang usahakan utnuk mencari data-data untuk itu. thanks atas sarannya..

    BalasHapus
  3. Bli, boleh tau gak apa fungsi pis bolong bertumpuk lima (melekat menjadi satu)seperti dilas tetapi tidak, trus tdk ada gambar yg saya lihat...

    BalasHapus
  4. hallo uangbolong, artikel anda bagus, skses ya..

    BalasHapus
  5. bro,tolong kritik dan sarannya di blogku ya..
    www.warung-antikdanbertuah.blogspot.com

    BalasHapus
  6. yang namanya pis bolong rejuna bli??

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan lihat di bagian Koleksi Uang Kepeng Kuno dulu ato di bagian Macam dan Fungsi Magis pis Bolong

      Hapus
  7. http://balimustika.blogspot.com/ silahkan mampir ke blog saya,disana ada koleksi pis arjuna yg dapat paice,,suksma..

    BalasHapus
  8. cari di kamasanbali.co.id......segala pis bolong ada disana....memang buatan baru tp ngk kalah dengan yg asli dengan bahan panca datu yaitu lima unsur logam

    BalasHapus
    Balasan
    1. nama fb / blog/ web nya apa koq ga ketemu saya search

      Hapus
    2. Saya jg penggemar n pemburu uang kepeng kuno...bsa chat d wa saya 081236771980...bisa saling tukar informasi ataupun jual beli...trimakasih

      Hapus
  9. bli klo boleh tau,,,pis bolong tulisan bali fungsinya untuk napi,,,? suksma

    BalasHapus
  10. bli saya punya uang kepeng krisna dan arjuna,,boleh tau ga gimana cara memakainya?

    BalasHapus
  11. I found this moneymaking opportunity some days ago and i have earned much money here!

    http://www.moneydoubleonline.com/



    What is Money Double Online?

    The company started off as a small group of investors. With this small group, they started to concieve the idea of investing in commodities which prove to be consistently profitable and in demand, while making sure that they invest in matters that are not in any way harmful to mother earth.

    With investments in hydro electricity, wind energy, solar power and various investments in manufacture of equipments deemed helpful to our environment. Money Double Online has over 15 years of combined experience.

    The companies that we work with, harness all the energy and power they generate into profitable investments for us and our clients.




    http://www.moneydoubleonline.com/

    Do you know why most people fail?

    People only fail when they are afraid to accept change. Accept change and be prepared to face a new life without worries. Let us help you achieve this. Join us and consider it the best decision you will ever make.

    http://www.moneydoubleonline.com/


    Are you ready for a change?

    If you are ready to make money, guilt-free, then you have come at the right place.Head directly to our company website and make your deposits freely now.


    http://www.moneydoubleonline.com/
    http://www.moneydoubleonline.com/
    http://www.moneydoubleonline.com/

    BalasHapus
  12. saya mau tau tentang pos bolong ber gambar anak panah hanya anak panah saja

    BalasHapus
  13. jual pis bolong asli
    untuk upacara adat hindu di bali,atau untuk pembuatan patung sri sedana
    untuk kerajinan tangan dll

    minat hub 081936102209

    lokasi denpasar bali

    BalasHapus
  14. saya punya yg tengahnya bolong tpi ga tau jenisnya apa...hmpir mirip jenis lembang tpi tulisannya beda

    BalasHapus
  15. dijual pis bolong jinah bolong jinah kepeng uang kepeng
    untuk upacara adat manusa yadnya
    untuk pretima pedagingan dll
    ngaben
    asli kuno bukan buatan baru dan bukan campuran
    boleh dilihat dulu

    lokasi denpasar

    BalasHapus
  16. dijual pis bolong jinah bolong jinah kepeng uang kepeng
    untuk upacara adat manusa yadnya
    untuk pretima pedagingan dll
    ngaben
    asli kuno bukan buatan baru dan bukan campuran
    boleh dilihat dulu

    lokasi denpasar

    hub 081936102209

    BalasHapus
  17. Saya punya pis koci, lubangnya 4. Saya cari info di internet belum ada. Bisa diinfo itu pis koci apa. Apakah ada gunanya secara spiritual.
    Tlg info saya di : idp.sedana@gmail.com

    BalasHapus