Daftar KLIK Dibawah ini, Jika ingin Blog Anda Menghasilkan Uang


Tuesday, August 11, 2009

Koleksi Uang Kepeng KUNO

Kekuatan Magis ''Pis Bolong'', Benarkah Ada?

Pis bolong atau uang kepeng pernah menjadi alat transaksi di Bali pada masa lampau. Bentuknya bulat pipih dan pada bagian tengahnya berlobang. Pada kedua permukaannya berisi tulisan huruf Cina. Di Bali, uang kepeng ini masih memiliki fungsi di masyarakat Hindu Bali. Berbagai sarana upacara masih memanfaatkannya, serta dimanfaatkan pula untuk membuat benda-benda cenderamata untuk kepentingan pariwisata.




PENDAPAT
Beberapa para ahli di bidang benda-benda purbakala meyakini bahwa uang kepeng berasal dari negeri Cina. Salah satunya adalah pendapat dari F.A. Liefrinch yang menyebutkan uang kepeng sebagai Chinese coins. Pendapat ini didasari karena pada kedua permukaan uang kepeng tersebut berisi tulisan huruf Cina.


Menurut cerita pada masa lampau, ada seorang musafir dari dari Cina yang bernama Fa Hien pergi berlayar menuju ke tanah Hindu yaitu India dan Srilangka. Setelah beberapa lama berada di sana, ia kemudian kembali ke negeri asalnya sekitar 414 Masehi. Namun di tengah perjalanan, kapal yang ditumpanginya diserang badai dan mengalami kerusakan. Kapal tersebut kemudian terdampar di sebuah pulau yang kemudian dikenal sebagai Ya-wa-di. Konon yang dimaksud dengan Ya-wa-di adalah Jawa Dwipa atau Pulau Jawa. Ada kemungkinan pada masa itu uang kepeng sudah mulai diperkenalkan di sana.


Namun ada para ahli yang berpendapat bahwa uang kepeng dikenal di Indonesia pada masa kerajaan di Nusantara menjalin hubungan dagang dengan negeri Cina. Seperti diketahui bahwa bangsa Cina memang terkenal sebagai bangsa pedagang sejak zaman dulu. Pada masa itu mereka sudah melakukan perdagangan dengan bangsa-bangsa di belahan dunia lain, baik lewat darat maupun lewat lautan. Bukti adanya hubungan dagang antara negeri Cina dengan raja-raja di Pulau Jawa dapat dibuktikan dengan ditemukannya uang kepeng dalam jumlah yang cukup banyak di beberapa kota seperti Pati, Kudus, Batang, Kendal, Cilacap, Temanggung, Purworejo, Blora, yang secara geografis kebanyakan terletak di pesisir pantai. R. Gorris, seorang sejarawan dari Belanda yang lama tinggal di Sanglah, Denpasar, menyatakan bahwa uang kepeng sudah dikenal di Bali sekitar 882 Masehi.


Bagi sebagian masyarakat Hindu Bali, uang kepeng jenis tertentu diyakini memiliki kekuatan gaib atau magis. Menurut Koentjoroningrat, kemampuan manusia untuk menghadapi hidup ini memang dilandasi oleh naluri dan ilmu pengetahuan. Namun terkadang semua itu tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya secara tuntas dengan cara rasional. Untuk itu mereka kemudian menyiasatinya dengan cara yang irasional yakni dengan ilmu gaib atau magis. Dikatakan juga bahwa ilmu gaib yang dimaksud adalah cara-cara manusia untuk mempengaruhi alam dalam usahanya untuk mencapai tujuan.


Adanya usaha manusia yang sedemikian itu pada akhirnya memunculkan benda-benda yang memiliki kekuatan gaib, salah satunya adalah dalam bentuk uang kepeng. Tentunya uang kepeng jenis ini memiliki kekhususan yang tidak dimiliki oleh uang kepeng biasa. Kalau uang kepeng biasa pada umumnya pada dua sisinya berisi tulisan Cina, namun pada uang kepeng gaib pada salah satu sisinya akan berisi rerajahan atau gambar tertentu di antaranya gambar Arjuna, Bima, Kresna, Panca Pandawa, Tualen, Sangut, Hanoman, Kuda, Jaring, sampai Bulan Sabit.


Uang kepeng yang berisi rerajahan itu pada umumnya memiliki kekuatan sesuai dengan gambar yang terdapat pada salah satu sisi dari uang kepeng tersebut. Kekuatan gaibnya akan muncul kalau si pemilik atau pembawa uang kepeng tersebut yakin akan hal itu. Beberapa selentingan memang terdengar santer di masyarakat bahwa kekuatan gaib uang kepeng memang sangat dahsyat. Seseorang yang menjuarai lomba lari jarak jauh digosipkan memiliki uang kepeng bergambar kuda atau lebih dikenal dengan pis jaran. Seorang pemuda yang wajahnya tidak begitu menjanjikan tiba-tiba menikah dengan seorang gadis secantik bidadari, kemudian diisukan punya pis Rejuna.

Fungsi Magis


Uang Kepeng/pis Sangut dan Pis Delem? Ini sangat diminati oleh banyak orang karena memiliki kekuatan magis sama seperti tokoh Sangut dalam cerita pewayangan. Dengan membawa pis Sangut sebagai jimat maka orang akan menjadi sangat lihai dalam berdebat. Demikian pula halnya dengan pis Tualen yang juga diyakini memiliki kekuatan gaib. Dipercaya bahwa dengan membawa pis Tualen ini orang akan merasa tenang saat berhadapan dengan situasi apapun. Ia akan disegani oleh musuh-musuhnya, serta mampu mempengaruhi pikiran dan pendapat orang lain.




Uang Kepeng/Pis Arjune Ketangkil Bidadari.








Lalu, pis Kresna, sesuai dengan peran Kresna dalam dunia pewayangan, maka fungsinya adalah sebagai penuntun ke arah kebajikan dan kebijakan. Dipercaya juga bahwa orang yang menjadikan pis Kresna sebagai jimat akan memiliki sifat-sifat mulia seperti selalu berpihak pada kebenaran, jujur, dan selalu menegakkan keadilan. Oleh karenanya benda ini sangat cocok dimiliki oleh seorang pemimpin negara.








Uang Kepeng/Pis Nawe Sange.
Ini Dibuat hanya 9 biji saja dahulu kalanya, ini saya ketahui dari seorang tetua lingsir, jadi ini termasuk langka. Dimana fungsi Pis Nawe Sange ini digunakan untuk menjaga Diri dan menambah kekuatan spritual.







Uang Kepeng/Pis Panca Pandawa, dinamakan demikian, karena pada permukaan trep terdapat gambar dari kelima ksatria putra Pandu, yaitu: Dharmawangsa, Bima, Arjuna, Nakula dan Sahadewa. Pis ini dipercaya memiliki kekuatan gaib seperti kewibawaan, kekuatan, dan juga kebijaksanaan.


Benarkah itu? Bagi sebagian lainnya hal itu dianggap sebagai lelucon murahan. Uang kepeng Arjuna atau pis Rejuna, sesuai dengan sebutannya, maka pada salah satu sisinya terdapat gambar Arjuna. Dalam cerita Mahabharata, Arjuna dikenal sebagai putra ketiga dari Dewi Kunti dan nomor tiga dari Panca Pandawa. Di samping pandai memanah, ia juga dikenal sebagai ksatria yang gagah berani. Wajahnya yang rupawan menyebabkan ia diidolakan oleh banyak wanita. Hal ketampanan itulah yang sebenarnya menjadi penyebab pengapa banyak lelaki kemudian berkeinginan untuk memiliki pis Rejuna tersebut. Di samping itu, sebagian masyarakat ada yang meyakini bahwa dengan menjadikan pis Rejuna sebagai jimat akan menyebabkan banyak wanita tergila-gila pada si pemilik pis tersebut. Namun ada pendapat lain yang mengatakan bahwa pis Rejuna fungsinya tiada lain untuk melanggengkan hubungan orang bersuami-istri atau hubungan sejoli yang sedang dilanda asmara.

Uang Kepeng/ Pis ini Saya belum tahu pasti apakah Nakula-Sadewa atau Bidadari? , Setelah saya pastikan dengan buku dan tetua lingsir di yakini ini adalah Pis Nakula-Sadewa. Fungsinya digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit termasuk ilmu hitam.







Uang Kepeng/Pis Betara Siwa ini Adalah gambarnya Pewayangan yang lagi menunggang Sapi, Jenis Pis Bolong Betara Siwa ini termasuk sangat langka.






Nah...Kalo ini Saya juga belum pasti...??
Dilihat dari Gambarnya ini adalah Uang Kepeng/pis Dewi Kunti, Jika ada yang Tau silakan email di bedude_punk@yahoo.com.







Ini..uang kepeng/pis apa saya juga belum berani pasti kan?...









Ini adalah Uang Kepeng/Pis Bulan, menurut sumber Pis bulan ini mempunyai kekuatan magis untuk Wanita atau ibu, untuk kecantikan dan menjaga hubungan dengan Suami/ Pacar.





Uang Kepeng/Pis Bima memiliki kekuatan gaib yang pada intinya menjunjung tinggi kejujuran dan kebenaran. Oleh karenanya, pis Bima sangat cocok dimiliki oleh orang yang mengemban tugas sebagai Pecalang. Di samping itu, bagi orang yang menjadikan pis Bima sebagai jimat akan menjadikan dirinya tangkas dan mahir dalam berperang. Begitu pula halnya dengan pis Anoman, keistimewaannya adalah mampu memberikan kekuatan dan tenaga seperti angin kepada orang yang membawanya.

Gambar di atas adalah Uang Kepeng Asli (bukan tiruan) yang didapat dengan Spritual Tinggi. Dan sebenarnya masih ada banyak lagi jenis pis bolong atau uang kepeng rerajahan yang beredar terbatas di masyarakat dengan gambar atau simbol yang berbeda-beda satu dengan lainnya tapi tidak kami masukkan dalam blog ini.
Namun perlu dipahami bahwa pis bolong jenis ini juga ada banyak tiruannya, tentunya yang ini tidak memiliki kekuatan gaib apa-apa dan perannya juga hanya terbatas sebagai benda aksesoris belaka.
Jika ada yang berminat atau sekedar komentar yang merasa tau akan kegunaan akan uang kepeng kuno bergambar ini...silakan berikan komentar anda?
atau ingin membeli barang langka Asli di atas kirim email ato Inbox Facebook  ke bedude_punk@yahoo.co.id untuk mengetahui harganya.
Terima kasih.

Sumber Pengetahuan : Bali Post

58 comments:

  1. hehehe...koleksi mautb nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bliii,,tiang dot metakon perlu pis bolong arjune,,ijinen minyak dedes?

      Delete
  2. ADI BE NEKED DI FB BLOG NE NAH...LIU TIMPAL RAGE KOMENT.....

    ReplyDelete
  3. ieu...dije to? FB ape peh...mare timpal tumben ngae blog jek keto...
    hehheee

    ReplyDelete
  4. bro minta ijin copy paste ke blog saya, tapi tenang aja blog saya bahasa inggris kok......

    ReplyDelete
  5. Silakan pak Tapi berikan NaraSumbernya...!!
    dan berikan kami alamat blog anda..thanks

    ReplyDelete
  6. silahkan mampir ke blog saya siapa tahu berminat.

    http://jualsecond.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. terima kasih saya akan mampir ke blog anda!!!

    ReplyDelete
  8. Blog anda sangat menarik dan informatif.

    ReplyDelete
  9. berapa kira2 harga pis Arjuna info segera k 081337299937

    ReplyDelete
  10. aku mo tanya harga pis arjuna nya blih?????????)081314300400

    ReplyDelete
  11. KAMI HANYA AKAN SMS KAN HARGANYA??
    TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KE BLOG KAMI...

    ReplyDelete
  12. bli mw tanya harga pis rejuna berapa ???
    silahkan sms bli ke no 085739066333

    ReplyDelete
  13. bli mw nanya pis panca pandawa harganya brapa ???
    silakan sms bli ke no. 085730175950

    ReplyDelete
  14. Ma'af sebelumnya...bagi yang mengcopy paste tulisan/artikel dan gambarnya kami ini...yang telah susah payah saya buat,,tolong disertakan dengan Sumber Blog kami ini.

    terima kasih.
    http://uang-kepengkuno.blogspot.com/

    ReplyDelete
  15. saya mempunya pis rejuna,dewata nawa sanga,bima,arjuna kembar dan panca pandawa...gmn ya cara pemakaian pis tersebut bli mohon infonya...
    sms ke no 081936091512

    ReplyDelete
  16. Koleksi anda lumayan juga, jadi rawatlah dengan baik terutama Dewata nawe sange..untuk pemakain dari pis tersebut bisa saja kami lampirkan disini dari mantra dan pendukungnya..untuk saat ini belum, jadi di blog kami ini hanya membahas kelangkaan dari pis bolong tersebut serta menambah wawasan kita akan peninggalan leluhur.

    ReplyDelete
  17. tolong beritau harga pis rejuna 081916622265
    suksma..

    ReplyDelete
  18. bagus bgt info tntng pis bolong nya
    saya jga koleksi pis bolong pewayangan
    btw berapa harga pasaran pis bolong pewayangan?
    oia tolong add fb saya..nama nya Bali Bagoes n alamat emailnya goesjack@rocketmail.com
    suksma

    ReplyDelete
  19. Buat Goesjack
    Mari kita sharing pengetahuan dan saling tukar gambar koleksi pewayangan kita,, sudah saya add tolong di konferm pak...thanks

    ReplyDelete
  20. boleh2
    siapa nama anda d FB?
    tolong tag y gambar2 pis bolong anda
    suksma

    ReplyDelete
  21. dimaharkan pis bolong dgn segala gambar.....hub. 081239527070

    ReplyDelete
  22. tolong infonya berapa harga pis bolong arjuna,pis nawa sanga, & pis kresna kirim ke email goesbintang9@gmail.com... suksma

    ReplyDelete
  23. kalau pis bolong padma ap fungsi magisnya..????

    ReplyDelete
  24. tolong kritik dan sarannya di blogku yaa..
    www.warung-antikdanbertuah.blogspot.com

    ReplyDelete
  25. saya ingin sekali punya pis bolong tsb, bagaimana saya bs mendapatkannya dan bagaimana cara kita tahu apakah itu asli atau tiruan??

    suksma,
    yudha

    ReplyDelete
  26. tolong infonya bli,dmn bisa bli uang rejuna dan brp harganya, (087863013827)
    ty mw nanya juga ap kegunaan pis bolong hanuman
    trimakasih, tolong di sms nggih

    ReplyDelete
  27. Ma'af sebelumnya baru bisa masukan komen karena kesibukan saya akhir-akhir ini...

    Buat : Yudha ,
    Bagaimana saya bs mendapatkannya dan bagaimana cara kita tahu apakah itu asli atau tiruan??
    Untuk mendapatkan uang kepeng terutama yang bergambar seperti diatas memerlukan tingkat spritual yang tinggi karena ada yang mendapatkan secara religius dan ada yang dengan membelinya. walaupun demikian pengaruh magisnya juga berbeda- beda tergantung perawatannya.

    Mengenai keasliannya bisa anda baca pada artikel artikel kami. Kalau yang tiruan sekarang bahannya kebanyakan tembaga,dan sangat keliatan jelas dibandingkan dengan yang aslinya serta kemampuan magisnya juga kurang alias tidak ada sama sekali.

    terima kasih buat teman-teman sekalian yang memberikan komentnya pada blog kami ini.

    ReplyDelete
  28. pis rejune kira2 brpa ya harganya??tolong infonya sms ke 081916111192

    ReplyDelete
  29. Maaf, apakah ditempat bapak bisa menghidupkan/pasupati pis bolong? saya ada beberapa pis bolong tapi belum tau udah ada kekuatan magisnya apa belum...bisa info ke 081338211811

    ReplyDelete
  30. Buat :
    Alit..
    nati tiang smskan ya...

    081338211811 (anonim)
    Untuk pasopati pis bolong/ uang kepeng biasanya dilakukan di Pedande ato Jero Mangku masing masing uang kepeng/ pis bolong mempunyai syarat sajen dan mantra sendiri..tapi di tempat saya juga bisa berhubung saya jauh..jadi agak susah. Untuk kekuatan energi uang kepeng / pis bolong bisa anda rasakan sendiri dengan cara mengenggamnya dan fokus..nanti akan timbul seperti denyut ato seperti gatal pada telapak tangan itu menandakan masih ada energi dalam uang kepeng ato pis bolong tsb. Jika energinya besar hawanya saja bisa membuat kita merasakannya...
    mungkin itu dulu..mengenai infonya nanti saya smskan...

    ReplyDelete
  31. Bli saya puya pis arjuna..
    warisan dri kakek saya..
    tpi gak tau asli pa gak..
    ksi tau dong cara bedain pis arjuna palsu to asli

    ReplyDelete
  32. nyak luung asanane....
    Harga Pis Arjuna Brapa?
    Dimana bisa saya beli?
    Kirim jwbannya ke Email Made_jacks@yahoo.com
    Suksma Bli....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ma'af sodara Anonymus untuk sementara Stok uang kepeng Bali / pis bolong masih tahap pengumpulan.
      jika sudah tersedia akan kami emailkan.
      Untuk harganya segera kami smskan.
      suksme atas kunjungan anda ke blog kami ini.

      Delete
  33. ade bulu perindu bli????
    amen ade bang harga..kirim ke no ne 085792050449

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat pak pande...ma'af untuk bulu perindu kami tidak menyediakan barang tsb, hanya uang kepeng kuno bali / pis bolong saja. selain itu tidak kami layani. suksme atas kunjungan anda...

      Delete
  34. Mau tanya bli..saya ada yg nawarin pis rambut sedana..apa ada pis bolong yg namanya gitu?
    info ya bli sms aja ke 0361-9240469
    suksma..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ada..pis bolong rambut sedana, biasanya berfungsi untuk kejantanan pria. sudah saya smskan.
      suksme.

      Delete
  35. bli bawa pis rejuna itu perawatannya gimana trus ada pantangannya ngga????
    harga pis rejuna yang asli berapa bli??
    dan di mana saya beli kirim infonya ke jandaperawangila@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. ma'af sbelumnya karena stok uang kepeng / pis bolong arjune laku keras maka stoknya pun menipis.
      Mengenai perawatannya nanti saya jelaskan di artikel yang baru di blog ini.
      suksme

      Delete
    2. blii,,ketempat2 napi pis bolong arjuna sink dadi abe?

      Delete
  36. bli pis gobogan bali pungsinya unyuk napi ?
    suksma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pis gobogan biasanya digunakan sebagai pertime di Bali yang merupakan manefestasi Shang Hyang Widhi. mengenai kekuatannya beragam sekali tp biasanya pis gobogan ini berfungsi untuk rezeki dalam usaha atopun meningkatkan hasil panen petani.
      suksme atas kunjungannya.

      Delete
  37. blii,,aq kan dpet paice pis anoman ,,tapi aq ingin tw mantramnya biar berfungsi secra maksimall...tlong infonya,,,,,087862374897

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pis anoman adalah kekuatan angin yang tanpa batas, mengenai mantranya blm bisa saya berikan biasanya hanya di gunakan jika melakukan pasopati pis bolong saja. Gunakanlah secara belogne saja. suksme.

      Delete
    2. Bli sy serius mohon info bya mahar utk pis panca pandawanya, pls sms di 081338505401

      Delete
  38. bLi... sekarang punya koleksi apa aj bli..
    saya ada minat beli ..
    bisa sms ke 081994555168
    di tunggu secepatmya bli..

    ReplyDelete
  39. mampir kesini ya temen2 semuanya ,suksma http://pisbolongjepun.blogspot.com/

    ReplyDelete
  40. ijin copas gan... http://cakepane.blogspot.com/

    ReplyDelete
  41. brapa dimaharkan Pis Panca Pandawanya Bli?
    SMS ke no saya Ar
    08563823459

    ReplyDelete
  42. saya berminat utk memesan berbagai macam Pis Gobog Bali yang ASLI berbahan (PANCA DATU DURGA COIN) dan Berisi ENERGY Spiritual (Bertuah), spt : Pis Padma, Panca Pandawa, Rejuna, Pangeran Ratu, Anoman, Tualen, Nawa Sanga, Kresna, Dewi Bulan, mohon informasi Harga satuan-nya brp ? Jika sy order byk dpt harga special ya ?
    tolong SMS ke no.HP sy Zhou L
    0838 5666 5787

    ReplyDelete
  43. sy trtarik dgn pis bolong nya dan sy mau brtanya apa fungsi pis gedong...??? mohon info nya bli sms ke: 085 737 66 9999. matur suksema agung hatur titiyang.

    ReplyDelete
  44. bli sya tertarik deng pes arjunanya .. mohon info harga 085256441427

    ReplyDelete
  45. Klo ada yang punya uang jaran sama uang kepeng rumput sms saya ke no ini 081999496728

    ReplyDelete
  46. blii,,tiang dot metakon tempat2 dije pis bolong arjune sink dadi abe?
    by;kresna

    ReplyDelete
  47. Pis bolong saya pernah memegang pis arjuna tanpa sengaja saya buang trz dulu semasih saya smp sampai klz 2 smk saya di jauhi wanita sesudah klz 3 smk wanita semakin nempel sama saya kpa ya bli apakah karena sya pernah memegang pis itu apa gimana sukseme

    ReplyDelete
  48. kalo saya mau memborong uang pis bolong bali giman cara nya...saya buat sendiri.sya amau memborong banyak.saya minta harga bags.karena saya ambil karungan kalo ada.tolong kontak di 087854000697

    ReplyDelete
  49. mantap blognya,, silahkan mampir trimakasih http://mustikapengasih.blogspot.com/

    ReplyDelete