Pages

Selasa, 07 September 2010

Macam Dan Fungsi Magis Uang Kepeng Kuno/Pis Bolong

Sesuai dengan Macam dan Fungsi Magis dari uang kepeng kuno /pis bolong ini pernah saya bahas Sedikit dalam KOLEKSI UANG KEPENG KUNO Untuk itu saya berusaha untuk melengkapinya dan mengambil dari buku yang membahas tentang fungsi magis dari pis bolong atau uang kepeng kuno. Dari sekian pengalaman saya dalam melakukan petualangan dalam menemukan dan mencari uang kepeng kuno ini ada beberapa yang belum saya temukan dan ada beberapa uang kepeng/ pis bolong yg tidak bisa saya tampilkan ( Gambar ), karena ada sesuatu kekuatan magis yang membuat uang kepeng kuno/pis bolong tersebut tidak bisa digambarkan/foto atau scanner, itulah yang menyebabkan saya dalam ulasan kali ini ada beberapa uang kepeng / pis bolong tidak ada gambarnya, jadi saya mohon ma'af sebelumnya. Mari kita mulai untuk membahasnya.....


1. UANG KEPENG /PIS JOGOR MANIK
Ma'af sebelumnya saya tidak bisa menampilkan gambarnya, tapi saya hanya memberikan ulasan saja. Pada permukaan uang kepeng/ pis bolong ini terdapat sepasang gambar dalam bentuk relief timbul, yang menggambarkan tokoh dewa bernama SANG JOGOR MANIK dan SANG SURATME. Menurut kepercayaan orang Bali ( HINDU )sesuai dengan ajaran ATMA PRASANGSA dalam cerita Bima Suarga, peranan Jogor Manik dan Sang Suratme adalah sebagai dua orang dewa yang bertugas menerima kedatangan arwah manusia baik yang sudah maupun belum di takdirkan wafat. Kedua dewa tersebut dipercaya sebagai penjaga pintu gerbang sorga dan neraka serta mempunyai kekuasaan penuh untuk mengadili dan memutuskan arwah masuk surga atau neraka. Kedua dewa ini juga berhak menolak arwah manusia yang belum saatnya mati dan mengembalikan hidup kembali ke dunia. Fungsi Magis dari uang kepeng/pis JOGOR MANIK ini dapat membantu mencegah bahaya yang sedang mengancam pemiliknya atau orang lain yang membawanya. Jika anda memiliki pis Jogor Manik ini sebaiknya di bawa terus selama berpergian jauh dimana di perkirakan akan mudah terjadi ancaman bahaya yang dapat membawa kematian dengan begitu dapat mencegah ancaman kematian yang memang belum di takdirkan.

2. UANG KEPENG/PIS ANOMAN
Ini juga tidak bisa saya tampilkan gambar aslinya, jadi saya ambil dari buku. uang kepeng/ pis Anoman ini merupakan tokoh raja kera putih dalam kekawin Ramayana yang berhadapan dengan sebatang pohon sebagai senjatanya. Anoman diriwayatkan sebagai putra Betara Bayu ( menifestasi Tuhan sebagai kekuatan angin dan energi ), serta sebagai simbol kejujuran dalam perbuatan dan setia dalam pengabdian. Siapa saja yang memiliki pis Anoman ini dipercaya memberikan kekuatan dan tenaga (supernatural) seperti angin selama diabdikan untuk kejujuran dan kesetian. Sehingga keistimewaan pis Anoman adalah cocok dan tepat untuk di bawa atau di milki oleh seorang prajurit. Dari Pengalaman teman saya dalam petualangan Uang kepeng/ Pis Anoman ini ditemukan dalam ban truk yang ketika itu sedang mengganti bannya yang kempes dalam perjalanan, hingga kini Pis Anoman tersebut di bawanya..., secara pengetahuan saya Pis Anoman ini memiliki 2 jenis gambar yang berbeda gambarnya Salah satunya sperti gambar di atas dan satunya manunggal hanya gambar Anoman saja tapi dalam kemampuan magisnya sama saja.

3. UANG KEPENG / PIS KRESNA
Uang Kepeng Kresna ini yang saya ketahui mempunyai 2 macam jenis gambar yaitu Sri Kresna Bersama Tualen (Merdah) dan Kresna dengan Senjata Cakranya tapi mempunyai kekuatan magis yang sama. Sri Kresna adalah seorang tokoh utama dalam cerita pewayangan Mahabrata atau Bratayudha dimana Sri Kresna berperan sebagai duta dan menjadi sais kereta yang di kendarai Arjuna dalam pertempuran di medan perang di tengah Kurusetra. Merdah adalah Salah satu tokoh punakawan yang berada di pihak Pandawa dalam cerita pewayangan Mahabrata atau Bratayudha. Kedua tokoh tersebut dipercaya sebagai tokoh jujur pembela kebenaran, keadilan, kebijakn, dan kemulian. Siapa saja yang sedang membawa atau memliki pis bolong ini , sangat di percaya kekuatan magisnya akan dapat menuntun ke arah kebijakan, selelu membela kebenaran, mempertahankan kejujuran dan menegakan keadilan. Uang kepeng / pis Kresna ini sangat tepat kalau di miliki oleh pemimpin negara atau angkatan perang.

4. UANG KEPENG / PIS DEDARI
Pis Dedari ini di buat dari jenis pis KOCI yang pada permukaan belakangnya terdapat gambar seorang perempuan yang bersimpuh. ( ma'af belum ada gambarnya jadi ulasan saja) Dalam cerita pewayangan dan kepercayaan terhadap manifestasinya Tuhan dalam wujud dewa-dewi, maka bidadari merupakan simbol perempuan cantik, anggun, menarik, sensual, ramah, mulia dan bijaksana. Prempuan dengan bobot seorang bidadri akan selalu menjadi dambaan seorang laki-laki untuk disunting menjadi seorang istri. Berdasarkan kepercayaan masyarakat BALI, Uamg kepeng/ Pis Dedari ini dimiliki oleh perempuan baik yang masih gadis atau maupun yang sudah menjadi isteri. Pis Dedari ini juga memiliki kekuatan magis yang disebut pengasren ( kekuatan daya tarik ) agar yang bersangkutan selalu tampak cantik dan menarik sehingga laki-laki menjadi takluk, tergila-gila atau penuh kasih sayang terhadap gadis yang membawanya atau para suami akan menjadi semakin sayang kepada isterinya yang memiliki Pis bolong jenis ini.

5. UANG KEPENG/PIS RAMA
Dilihat pada gambar di samping permukaan Uang kepeng / pis bolong Rama terdapat gambar wayang yang diindentifikasi sebagai gambar Sang Rama dengan sikap sedang merentangkan busur dalam posisi berdiri tegak. Gambar Sang Rama berhadapan dengan gambar seekor kijang yang badannya telah tertusuk anak panah dengan posisi mati terjengkang dan pada bawahnya terdapat lukisan pohon tanpa daun. jenis Pis Rama ini jelas adalah Pis RERAJAHAN ( Bukan ASLI ) karena bahannya tidak terbuat dari bahan uang kepeng yang sudah ada, melainkan di buat dengan logam tersendiri dengan bentuk dan luas lebih besar dari uang kepeng yang terbesar. Fungsi Magis dari Pis Rama adalah memberikan simbol kekuatan kesetiaan, ketepatan memanah, dan keiklasan tanpa memperhitungkan adanya ancaman bahaya bagi diri sendiri. Uang kepeng / pis ini cocok di bawa atau di miliki oleh seorang prajurit untuk menambah keberanian dalam peperangan melawan musuh dan kebatilan, iklas berkorban untuk membela negara sebagai tanda kesetiaan kepada bangsa dan negara. Dari Pengalaman saya pribadi PIS RAMA ini sebenarnya ada dalam artian Uang kepeng /Pis Rama ( ASLI ) tapi ma'af saya tidak bisa menampilkan Gambarnya karena kekuatan magisnya sangat kuat hingga tidak bisa saya ambil gambarnya dengan apapun setelah sekian kali saya lakukan tetap hasilnya tidak nampak jadi ma'af. Dalam pis ASLinya terdapat gambar Sang Rama bersama Dewi Shinta, dimana fungsinya sudah saya paparkan diatas selain itu pis ini bisa membawa kerukunan dan kesetiaan.

6. UANG KEPENG / PIS JARAN.
Uang Kepeng ini sangatlah langka dimana orang-orang banyak mencarinya termasuk saya tapi hingga saat ini saya hanya bisa memilikinya 1 saja dengan pasangan Pis Padang ( rumput ) itu pun dengan susah payah saya mendapatkannya dan juga herannya saya tidak bisa menampilkannya ( gambar ) karena sesuatu hal yg tidak bisa saya mengerti. Jadi saya ambilkan dalam buku saja yang gambarnya sama persis. Dari Pengalaman saya dan tutur penua lingsir ( orang yang dituakan ). Pis Jaran harusnya berada dalam satu ikatan dengan Pis PADANG yang merupakan makanan dari kuda tersebut, dengan demikian uang kepeng Jaran ini akan hidup sepanjang zaman karena dengan di temani uang kepeng/ Pis Padang maka setiap saat akan dapat memakan rumput dan rumputpun tidak akan pernah abis sehingga dengan cara itu kekuatan magisnya tidak akan pernah luntur sepanjang masa. Dan jika Pis Jaran ini tidak dipasangkan dengan Pis Padang menurut pinutur orang tua dulu dapat menyebabkan yang memilki ataupun membawa pis jaran ini akan mengalami kebotakan pada kepalanya ( lengar). Jadi bagi yang memliki Pis Jaran yang tidak jadi satu gambarnya dengan Pis padang di harapkan memiliki keduanya dan di ikat menjadi satu dengan benang tri datu ( 3 warna : hitam, putih, merah). Dari Gambar di atas, Gambar kuda pada pis bolong tersebut hampir memenuhi permukaan uang kepeng sehingga lubang di tengah yang berbentuk bujursangkar itu menembus bagian perut dari gambar kuda tersebut. Dan pada pelana kuda terdapat gambar ujung senjata trisula yang merupakan simbol sistem kosmologi Hindu menunjuk arah kaja kangin ( mata angin timur laut ). Jenis pis Jaran ini adalah jenis Pis KOCI. Dalam kepercayaan masyarakat Bali , Pis Jaran ini biasanya di gunakan sebagai jimat oleh para pengalu ( pedagang atau saudagar tradisonal bali yang mengantarkan atau menjajakan barang dagangannya jauh ke luar wilayahnya dengan menggunakan kuda beban atau kuda pikulan), sehingga dalam perjalanan jauh apapun tidak akan merasa lelah. Dan ada yang meyakini Pis Jaran ini memiliki kekuatan magis dalam peperangan dalam bertempur akan memilki semangat bertempur seperti kuda... BERSAMBUNG...

19 komentar:

  1. ane pernah liat yg hanoman tp berbeda dgn gmbar yg dimuat pada buku.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Mohon bantuan Pak kalau pis kepeng bolong jaring fungsi untuk apa ? Thx.

    BalasHapus
  4. Tolong dijelaskan Pak, pis bolong bertumpuk 5 (menempel jadi 1) fungsinya utk apa ? terimakasih.

    BalasHapus
  5. Ma'af sebelumnya saya baru bisa membals koment temen-temen karena kesibukan saya akhir-akhir ini.

    terima kasih tanggapan dan koment yg telah masuk membuat saya gembira ternyata masih ada pelestarian akan warisan leluhur kita ini, dimana sekarang sudah mulai agak punah dan jarang didapat.

    Tolong yang bertanya kalo bisa berikan alamat pada kami yang jelas agar mempermudah komunikasi serta keterangan yg lengkap.

    Pis bolong bertumpuk lima ini apakah ada gambarnya? ato hanya tulisan saja. dan apakah ditemukan nya dulu seperti itu? tolong berikan kami keterangan yg lengkap..saya tunggu. sebelum menjawabnya.

    BalasHapus
  6. mengenai Sambungan artikel blog ini...sudah siapkan dan akan segera saya terbitkan...

    BalasHapus
  7. saya ingin bertanya, apakah resiko pis bolong seperti pis rejuna kalau disalah gunakan oleh pemiliknya...??

    BalasHapus
  8. Waw... ada yg Puna PIS KRESNA Dhana Ga?

    BalasHapus
  9. http://balimustika.blogspot.com/ silahkan mampir ke blog saya,,suksma salam kna semuanya...

    BalasHapus
  10. maw tanya ne apasih pungsi pis bolong cakra ??

    BalasHapus
  11. Tulisan sangat menarik...silakan mampir di blog saya dan mohon berikan masukan www.uangkepengbali.wordpress.com terima kasih.

    BalasHapus
  12. Online Cash Investments - Guaranteed Payment - 1200% of Deposited Daily for 10 Days

    START DEPOSIT WITH AS LITTLE AS $200 !
    Profits
    Plan Deposit Profit
    Plan A $200-$2,999 150% daily for 20 days
    Plan B $3,000-$9,999 300% daily for 15 days
    Plan C $10,000-$29,999 450% daily for 12 days
    Plan D $30,000-$79,999 600% daily for 10 days
    Plan E $80,000-$149,999 900% daily for 10 days
    Plan VIP $150,000-$500,000 1200% daily for 10 days

    Online Cash Investments - Guaranteed Payment - 1200% of Deposited Daily for 10 Days
    http://www.onlinecashinvesments.com

    BalasHapus
  13. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!body mobil

    BalasHapus
  14. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) mobil sport

    BalasHapus
  15. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Toyota Corolla 2014

    BalasHapus
  16. Bli pis bolong kresna dados abe ke kamar mandi?

    BalasHapus
  17. Bli pis bolong kresna dados abe ke kamar mandi?

    BalasHapus
  18. dijual uang kepeng / pis bolong di bali
    barang asli minat hub 081936102209

    foto bisa lewat whataap/line makasi

    BalasHapus